5 Tips Ampuh Merawat Pintu Lipat Alumunium Supaya Tetap Awet

Tips Merawat Pintu Lipat Alumunium

Pintu aluminium banyak dipilih karena dianggap memiliki berbagai kelebihan dibanding jenis pintu lainnya. Tak hanya memiliki kualitas yang bagus, ia juga dinilai ringan dan memiliki nilai estetika tersendiri. Minat yang tinggi terhadap pintu berbahan aluminium membuatnya kini hadir dengan beragam bentuk, termasuk dalam model pintu lipat.

Pintu lipat dari aluminium memang terkenal dengan kualitasnya yang mumpuni. Namun, tentu saja perawatan yang tepat juga dibutuhkan dari pintu lipat aluminium supaya kualitasnya tetap terjaga. Beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk menjaga supaya pintu lipat aluminium tetap awet akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Ragam Tips Membuat Pintu Lipat aluminium Tetap Awet

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar pintu aluminium tetap awet. Beberapa perawatan tersebut mulai dari pembersihan sampai pengecatan, untuk lebih detailnya simak ulasannya di sini ya.

1. Lakukan Pembersihan Secara Berkala

Pertama adalah terkait kebersihan pintu. Pastikan kebersihan pintu terjaga dengan membuat jadwal pembersihan rutin. Jadwal pembersihan ini bisa setiap hari tertentu atau setiap beberapa minggu sekali. Ini dapat disesuaikan dengan kondisi pintu.

Selain itu jangan lupa diperhatikan cairan pembersih dan media yang digunakan untuk membersihkan pintu lipat almunium. Gunakan bahan yang tidak merusak pintu atau lapisan cat. Kebersihan ini penting diperhatikan, pasalnya kotoran-kotoran tertentu dapat membuat pintu tidak bekerja secara maksimal (seperti susah ditutup maupun dibuka).

Tips Merawat Pintu Lipat Alumunium

2. Perhatikan Karat

Pintu aluminium memang terkenal dengan keawetannya. Namun, bukan berarti karat tidak bisa menyerang. Dalam kasus-kasus tertentu karat atau komponen korosif lainnya mungkin menyerang pintu. Untuk itu harus ada pengecekan karat setiap waktu tertentu.

Apabaila karat terbukti muncul, sebaiknya segera konsultasikan dengan ahli di bidangnya. Lakukan langkah-langkah pencegahan untuk menghindari karat muncul di tempat yang lain.

3. Pastikan Tidak Terkena Benturan Keras

Salah satu cara untuk menjaga pintu lipat aluminium agar tetap awet adalah dengan memastikan pintu tidak terkena benturan keras. Ini karena benturan keras tersebut dapat berpotensi membuat bentuk pintu menjadi rusak.

Apabila pintu di letakkan di tempat yang berpotensi besar terkena benturan, sebaiknya pilih bahan pintu yang tebal dan berkualitas. Ini agar ketika terkena benturan pintu tidak langsung rusak nantinya.

4. Pengecatan Ulang di Waktu-waktu Tertentu

Pengecatan tidak hanya membuat tampilan pintu menjadi lebih cantik, namun juga membuat membantu membuat pintu lebih tahan lama. Pilih cat waterproof yang nanti akan membantu supaya air tidak merembes masuk ke dalam.

Sebaiknya cek dulu apakah cat yang digunakan dapat dipakai untuk aluminium atau tidak. Dikhawatirkan tidak semua cat dapat diaplikasikan ke bahan aluminium.

5. Poles Untuk Membuatnya Berkilau

Selanjutnya untuk membuat pintu menjadi lebih awet serta cantik, poles pintu agar menjadi lebih berkilau. Ada banyak jenis cat yang dapat dipilih untuk membuat pintu menjadi lebih cantik. Tinggal sesuaikan dengan budget maupun kebutuhan.

aluminium memang awet, namun kilaunya rentan hilang apabila terkena paparan panas dan hujan terus menerus. Untuk itu guna mengembalikan kilaunya proses pemolesan ini diperlukan. Selain menggunakan cat khusus, dapat pula memanfaatkan pembersih cat mobil serta sabun cair.

Aplikasikan sabun cair lebih dahulu kemudian gunakan lap untuk membersihkan seluruh permukaan yang telah diberi sabun cair. Kemudian lanjutkan dengan memberikan cairan pembersih cat mobil dan kembali bersihkan dengan menggunakan kain katun kering supaya permukaan kembali bersih dan berkilau.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga agar pintu aluminium tetap awet. Mulai dari melakukan pembersihan berkala sampai dengan pemolesan agar kilapnya tetap terjaga.

This entry was posted in Dekorasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *