Begini Cara Membuat Ruangan Menjadi Hangat Ketika Musim Hujan

Saat musim hujan melanda ruangan rumah tentu akan cenderung lebih dingin, apalagi jika Anda menggunakan keramik untuk dekorasi rumah. Material keramik memiliki kemampuan untuk menyerap hawa dingin sehingga ruangan akan terasa lebih dingin saat musim hujan. Selain keramik, karpet tile juga bisa Anda gunakan untuk mendukung desain rumah agar terlihat lebih menarik dan nyaman.

Cara Membuat Ruangan Menjadi Hangat

Berbagai Cara Membuat Ruangan Menjadi Hangat Pada Musim Hujan

Indonesia memang memiliki beberapa daerah yang sering dilanda hujan lebat. Intensitas hujan yang tinggi bisa mengakibatkan suhu ruangan menjadi lebih dingin. Kondisi ini akan membuat Anda mudah terserang berbagai jenis penyakit. Untuk itu simaklah informasi ini tentang cara membuat ruangan menjadi hangat saat musim hujan.

1. Buka tirai agar sinar matahari masuk

Pada siang hari tentu matahari akan keluar untuk menyinari bumi, hal tersebut menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan kehangatan. Saat musim hujan, usahakan tetap membuka tirai agar sinar matahari bisa lebih leluasa masuk ke dalam ruangan. Kaca memiliki sifat mampu meneruskan sinar matahari ke dalam ruangan sehingga terasa lebih hangat. Pada malam hari Anda bisa memasang alat pemanas khusus jika suasana mulai semakin dingin.

2. Menggunakan lampu pijar

Lampu pijar bisa Anda jadikan sebagai sumber panas yang lebih efektif jika sinar matahari sulit didapatkan. Diketahui bahwa 95% energi yang dihasilkan lampu pijar adalah energi panas bukan cahaya. Untuk menjaga suasana ruangan tetap kondusif dan hangat, Anda bisa menyalakan beberapa lampu pijar saat malam hari.

3. Membuat perapian di dalam rumah

Konsep rumah modern biasanya sudah memberikan tempat untuk perapian. Pada wilayah perapian, Anda bisa membakar beberapa kayu untuk menjaga kehangatan ruangan agar tetap stabil. Bahan-bahan seperti kayunya sudah harus Anda siapkan dari jauh-jauh hari, sehingga ketika musim hujan datang bisa dimanfaatkan secara lebih maksimal. Penerapan konsep perapian ini sangat aman karena asap akan keluar melalui cerobong asap yang ada di atas rumah. Konsep ini diadaptasi dari desain rumah yang ada di luar negeri karena disana terdapat musim salju.

4. Memasang karpet

Selain dijadikan sebagai bahan dekorasi, karpet tile bisa Anda gunakan untuk menghangatkan ruangan. Jenis karpet ini bisa Anda jadikan sebagai alas permukaan untuk menggantikan keramik. Karpet terbuat dari bahan yang mampu menyerap panas sehingga ruangan bisa tetap hangat pada musim hujan. Jangan lupa untuk secara rutin membersihkan karpet agar tidak berdebu atau berkutu.

5. Mandi dengan air hangat

Ketika cuaca di luar sedang dingin, Anda tetap harus menjaga kebersihan dan suhu tubuh dengan cara mandi dengan menggunakan air hangat. Kebanyakan rumah saat ini sudah menggunakan pemanas khusus agar kerannya bisa mengeluarkan air panas. Komposisi air yang tepat akan membuat tubuh Anda lebih segar dan bersih. Hal ini akan membantu suhu tubuh Anda tetap normal dan nyaman meskipun di musim hujan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat suasana ruangan bisa lebih hangat saat musim hujan. Dengan begitu Anda bisa tetap nyaman beraktivitas meskipun saat musim hujan. Semoga berbagai informasi yang telah diberikan bermanfaat dan selamat mencoba.

This entry was posted in Dekorasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *